Alam.Id – Pariwisata di Indonesia kini mulai diminati oleh banyak orang, baik wisatawan domestik maupun luar negeri berlomba-lomba mengunjungi tempat-tempat wisata yang sedang tren dan viral di berbagai platform media sosial sejagat maya.

Dari kebanyakan pariwisata yang ada, wisata yang menyajikan panorama alamnya yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Selain menawarkan lansekap alam yang indah, wisata alam juga dapat menawarkan kesejukan. Pariwisata seperti inilah yang saat ini banyak diminati oleh wisatawan bahkan para traveler/backpacker.

Wisata alam ataupun wisata buatan yang langsung menyajikan pemandangan lansekap alamnya bisa ditemui di beberapa daerah, terutama di daerah Sulawesi Utara, tepatnya di Kota Tomohon. Hanya berjarak 30 kilometer dari Manado dan memakan waktu sekitar 1 Jam untuk menempuh perjalanan darat menuju Kota Tomohon. Kota dengan sejuta wisata dengan lansekap alamnya.

Di Kota inilah, semua pemandangan alam akan tersaji dengan indah di mata para wisatawan.

Kota Tomohon sendiri telah dikenal dengan banyak destinasi wisatanya, selain dikenal dengan Kota Bunga, jualan pariwisata di daerah ini sangat banyak. Tak terkecuali objek wisata yang menawarkan pemandangan alam dengan latar indahnya daerah Tomohon itu sendiri.

Bahkan, beberapa objek wisata yang ada, mengikuti kontur alamnya, tanpa merusak sama sekali ataupun menambah beberapa bagian. Semuanya masih asri dan lestari.

Di beberapa objek wisata yang ada di Tomohon juga sudah mulai sadar dengan sistem pengelolaan pariwisata yang berkelanjutan. Tak hanya memikirkan keuntungan yang dihasilkan dari kunjungan, tapi juga telah menerapkan sikap untuk tetap menjaga lingkungannya, agar keindahan yang ada di dalamnya masih bisa dinikmati di tahun-tahun yang akan datang.

Konsep wisata alam atau konsep wisata buatan yang mengedepankan tentang kepedulian terhadap lingkungan yang lestari, menjadi satu nilai dan pelajaran tersendiri bagi pengunjung. Mereka bukan hanya dapat menikmati panorama alam yang indah, tapi juga tetap belajar menjaga alamnya agar bisa dirasakan di kemudian hari.

Seiring dengan tumbuh pesatnya pariwisata Kota Tomohon, ini juga merupakan bagian dari visi dan misi Pemerintah Kota Tomohon untuk menjadikan Kota Tomohon menjadi Wisata Dunia, dan banyak dikunjungi karena destinasi pariwisata yang ada di Tomohon.

Puncak Kaisanti, Tomohon. (Foto: Zul)

Lansekap Alam Tomohon dari Puncak Kaisanti

Kota Tomohon bisa di bilang seperti Kota yang indah. Kota yang berada di ketinggian 900-1100 MDPL, dengan luasan wilayah 14.721,78 Ha, dan diapit langsung oleh gunung berapi aktif, yaitu Gunung Lokon (1.689 Mdpl) dan Gunung Mahawu (1.311 Mdpl) menjadikan Kota Tomohon sangat sejuk dengan panorama alam yang sangat menakjubkan.

Waktu yang dibutuhkan pun untuk menuju Kota Tomohon dari Manado sekitar 1 jam, dengan jarak tempuh perjalanan darat sekitar 30 kilometer agar sampai ke Kota yang berjuluk Kota Bunga ini.

Seperti halnya wisata alam di daerah lain, jika berkunjung ke Kota Tomohon, destinasi wisata yang patut dikunjungi adalah wisata puncaknya. Wisata puncak di Tomohon menawarkan pemandangan yang begitu indah; pemandangan hamparan sawah yang menghijau serta menjulangnya Gunung Lokon yang gagah. Panorama ini dengan sangat mudahnya wisatawan dapati di Kota Tomohon.

Puncak Kaisanti Flower Garden merupakan satu dari sekian banyak wisata puncak yang ada di Tomohon. Namun, pembedanya dengan wisata puncak lain, ialah konsep wisata yang menyajikan taman bunga bagi pengunjung. Dari puncak Kaisanti Flower Garden ini juga, lansekap Kota Tomohon yang sejuk dan sajian panorama alam yang indah akan tersaji langsung dihadapan mata para wisatawan.

Hamparan sawah yang hijau, banyaknya pilihan tempat untuk berswafoto, serta pemandangan menjulangnya gunung Lokon merupakan keindahan yang langsung dirasakan oleh para pengunjung. Selain itu juga, para wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai macam aneka bunga yang ditata rapi oleh pihak pengelola. Namanya saja Puncak Kaisanti Flower Garden, pasti ada taman bunga sesuai dengan pelabelan wisata puncaknya.

Wisata Puncak Kaisanti Flower Garden sendiri dibangun dan diresmikan pada tahun 2018 kemarin dan masih tetap eksis sampai dengan saat ini.

Meskipun baru dibangun, kunjungan dalam setiap harinya bisa mencapai 100 wisatawan per hari, setiap bulannya mencapai 600 wisatawan; bahkan pada liburan Natal kemarin, pengunjung yang datang ke puncak Kaisanti membludak hingga 1200 wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Meldian Musa, selaku digital marketing dari Kaisanti Flower Garden yang ditemui Alam.Id mengatakan, jualan wisata di sekitar daerah Woloan, Tomohon Barat ini semuanya menjual panorama gunung Lokon dan hamparan sawah yang hijau. Tapi, kami di sini lebih mengutamakan taman bunga untuk sebagai jualan pariwisatanya juga.

“Di daerah sini banyak objek wisata, semua wisata pasti lebih memanjakan mata pengunjung dengan panorama gunung Lokon dan hamparan persawahan. Begitupun dengan wisata Kaisanti Flower Garden ini, konsepnya sama. Pemandangan gunung Lokon dan hamparan sawah. Tapi, kami sedikit berbeda, kami menyediakan taman bunga untuk daya tarik bagi wisatawan yang datang ke sini,” kata Meldian sembari mengajak saya mengelilingi beberapa tempat yang bisa dijadikan tempat selfie atau wefie yang berlatarkan gunung Lokon.

Penamaan wisata puncak Kaisanti Flower Garden ini menurut Meldian sendiri, karena ada taman bunganya yang luas. Di beberapa tempat wisata lainnya, sangat jarang yang menyediakan taman bunga. Padahal daerah Tomohon dikenal dengan Kota bunga. Maka dari itu, taman bunga di Kaisanti ini dibuat. 

“Memang sangat sedikit yang menata bunga di kawasan wisata, sangat jarang bahkan. Tapi di sini dibuatkan taman bunga. Sangat banyak pula, di tempat lain bisa dihitung.”

Kata Meldian juga, pemakaian kata Kaisanti memiliki pengertian tersendiri. Kaisanti dalam bahasa Tombulu, bahasa yang dipakai orang Tomohon memiliki arti kayu yang cantik. Dan banyak tumbuh di sekitar area wisata puncak yang ada di daerah Woloan.

Puncak Kaisanti Flower Garden yang berhadapan langsung dengan gunung Lokon, salah satu gunung berapi aktif yang ada di Sulawesi Utara menjadi daya tarik tersendiri.  Serta pemandangan petak-petak persawahan warga Tomohon bisa dirasakan dari atas puncak Kaisanti ini.

Para pengunjung yang ingin masuk akan dikenakan tiket sebesar Rp 35 Ribu, bayaran itu sudah termasuk segelas kopi dan teh panas sembari menyaksikan panorama alam dari puncak Kaisanti.

Puncak Kaisanti Flower Garden memiliki luas sekitar 3500 persegi. Dengan presentasi wisatawannya; 70 persen wisatawan domestik dan 30 persen sisanya wisatawan dari luar daerah dan mancanegara.

Setibanya di puncak Kaisanti Flower Garden ini, tak elok rasanya untuk tidak mengabadikan moment terindah saat berada di atas puncak Kaisanti.

Memandangi lanskap Kota Tomohon yang begitu indah, sangat jelas terlihat dari atas sini, semuanya serba alami. Udaranya yang sejuk, pepohonan yang rindang, suara kicauan burung yang masih terdengar, sangat sulit rasanya untuk meninggalkan tempat ini dengan begitu cepat.

Hamparan sawah, lebatnya pepohonanan akan menambah kesejukan. Pengunjung juga tak perlu khawatir, jika ingin memandang gunung Lokon dengan waktu yang sangat lama, cukup duduk sambil bersantai ria, dengan segelas kopi atau teh hangat di tangan. Para pengunjung yang datang pun, tak dapat mengabaikan semua fakta yang ada bila sudah tiba di puncak Kaisanti Flower Garden ini.****(Alam Indonesia)

1 thought on “Merasakan Sejuknya Alam Kota Tomohon dari Puncak Kaisanti Flower Garden”

  1. Pingback: Mengunjungi Wisata Hiu Paus, Melihat Harapan Masyarakat Botubarani - Alam.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *